Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa Diminta Bentuk Barisan Relawan Pemadam Kebakaran 

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Agustus 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dalam rangka menangulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Sukamara, setiap desa diminta membentuk Barisan Relawan Pemadam Kebakaran (Balakar). 

"Saya berharap kepala desa dan kelurahan untuk membentuk Barisan Pemadam Kebakaran mandiri, yang dikelola LSM atau ormas di daerah tersebut," kata Kepala Satpol PP Damkar Sukamara, Iwan Miraza, Jumat, 9 Agustus 2019.

Iwan juga meninta agar desa dan kelurahan bisa membangun sumur bor dan embung untuk sumber air pemadaman. Mengingat pada musim kemarau seperti ini, air cukup sulit untuk didapatkan.

"Kita juga meminta agar setiap perusahaan yang ada di Kabupaten Sukamara membuat sumur bor ata embung, ataupun bloking kanal," ucapnya

Selai itu, dia juga mengharapkan perusahaan untuk mempunyai tim pemadam kebakaran beserta alat lengkapnya. Hal itu sebagai upaya penanganan jika terjadi kebakaran lahan di areal perkebunan atau sekitarnya.

Iwan Miraza juga meminta koordinasi antar anggota Satgas Karhutla Kabupaten Sukamara terus terjalin. Sehingga prosses pemadaman kebakaran lahan dapat terkordinasi dan terintegrasi. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru