Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendapatan Asli Desa Harus Mampu Dukung Pembangunan

  • Oleh Naco
  • 09 Agustus 2019 - 15:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo, menekankan agar pendapatan asli desa (PADes) mampu mendukung sektor pembangunan.

Handoyo mengatakan, kepala desa harus mampu melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan pendapatan bagi desa. Sehingga, pembangunan itu tidak semata-mata mengharapkan dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Selama ini, sebagian besar desa itu untuk pembangunan hanya mengandalkan suntikan dana dari daerah dan pusat itu saja. Padahal banyak peluang untuk mendapatkan pendapatan.

"Kepala desa harus pintar melihat potensi yang bisa digarap, untuk menjadi pemasukan bagi desa," kata Handoyo, Jumat, 9 Agustus 2019.

Handoyo juga mengatakan sudah hampir semua desa di Kotim melakukan kunjungan kerja ke desa-desa yang dianggap mampu memaksimalkan potensi untuk pendapatan desa.

"Nah di situ, harus dicontoh agar potensi itu terkelola. Salah satunya melakui badan usaha milik desa," tegas dia.

Handoyo yakin desa akan lebih maju jika APBDes itu didukung dengan pendapatan yang besar. Baik itu melalui sektor usaha jasa, simpan pinjam, pertanian, perkebunan, atau usaha lainnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru