SMSS Bersama BOSF Lepasliarkan 2 Orangutan

  • Oleh Agus Priyono
  • 09 Agustus 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS)bersama Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) melepasliarkan dua orangutan di Desa Pilang, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat, 9 Agustus 2019.

Kegiatan itu turut melibatkan sejumlah instansi termasuk USAID yang merupakan Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika dan American Congress.

Dua organisasi itu diundang untuk menyaksikan keseriusan BOSF yang bekerja sama dengan SSMS dalam melestarikan orangutan.

Dua orangutan yang dilepasliarkan bernama Bonbon berusia 24 tahun, berjenis kelamin jantan, dan Kheal berusia 23 tahun berjenis kelamin betina.

Kedua orangutan itu dilepas di Pulau Badak Kecil, yang merupakan tempat para orangutan beradaptasi mengenal alam liar, sebelum akhirnya dilepasliarkan ke habitat aslinya.

"Ini langkah untuk membiasakan orangutan mengenal habitatnya. Jadi dengan prapelepasan ini mereka bisa menemukan insting untuk hidup di alam," ujar CEO BOSF Jamartin Sihite.

Ia menambahkan, orangutan akan benar-benar dilepaskan ke alam liar jika telah dinyatakan siap. Dengan beberapa tahapan, melalui sejumlah survei, dan pengamatan.

"Jadi tujuan kita bagaimana orangutan itu bisa hidup di alam. Jadi kalau sudah dirasa siap tentu segera dilepaskan ke alam liar," tuturnya. (AGUS/B-3)

Berita Terbaru