Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Kesehatan Ingatkan Tetap Waspada ISPA

  • Oleh Budi Yulianto
  • 09 Agustus 2019 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo, mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah dan selalu waspada terhadap infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA. 

"ISPA memang sedikit meningkat tapi belum menunjukkan pengaruh signifikan. Akan tetapi, kita tidak boleh lengah. Tetap harus waspada dengan melakukan upaya pencegahan," kata Andjar, Jumat, 9 Agustus 2019.

Upaya pencegahan yang dimaksud yakni menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Namun, jika tidak begitu penting, alangkah lebih baiknya berada dalam rumah. 

"Kemudian, jaga kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Makan makanan gizi seimbang, istirahat cukup, banyak mengonsumsi air putih dan jangan lupa menjaga kesehatan lingkungan," ungkapnya.

Soal penderita ISPA yang meningkat, Andjar menegaskan bahwa sebelum terjadi kabut asap, sudah ada warga yang terkena ISPA. 

"Sehingga disebutkan peningkatan ISPA karena asap belum memberikan pengaruh signifikan. Tetapi sekali lagi tetap waspada dan lakukan pencegahan seperti yang saya sebutkan," pesannya.

Sementara itu, tim Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Kalimantan Tengah masih terus bekerja bahu-membahu memadamkan api yang membakar lahan. 

Selain dari jalur darat, proses pemadaman juga dilakukan lewat udara menggunakan helikopter water bombing bantuan BNPB. (BUDI YULIANTO/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru