Legislator Apresiasi Peran Satgas Karhutla

  • Oleh Reno
  • 10 Agustus 2019 - 15:48 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan M Erwin Toha, mengapresiasi kinerja Satuan Tugas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan atau Satgas Karhutla yang sudah bekerja maksimal.

"Kita mengapresiasi peran kawan-kawan satgas di lapangan yang sudah sangat maksimal melaksanakan tugas mulia memadamkan api. Tentu kebakaran lahan ini kita tidak inginkan," ucapnya, ketika dimintai konfirmasi, Sabtu 10 Agustus 2019.

Untuk itu, ia meminta masyarakat tidak membakar lahan yang dapat menimbulkan dampak yang sangat luar biasa, baik untuk kelestarian lingkungan, kesehatan, maupun kegiatan usaha lainnya.

Ia mengatakan, salah satu langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla yakni dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar, tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat, serta mengawasi wilayah sekitar mereka, terutama yang rawan karhutla.

"Karena petugas karhutla sendiri juga sudah melakukan upaya terbaik untuk bisa mengatasi kebakaran yang ada di Seruyan. Namun, semua itu juga perlu dukungan dan peran serta dari masyarakat sekitar. Makanya perlu sebuah kesadaran agar tidak membakar lahan," tuturnya.

Bila masyarakatnya tidak turut menjaga pasti akan sangat sulit mewujudkan lingkungan yang bebas asap. Terlebih karhutla bukan masalah sepele. Banyak faktor yang bisa mengakibatkan hal itu terjadi. Makanya warga harus turut serta dalam menjaga agar kasus karhutla di Seruyan bisa ditekan seminimal mungkin. (RENO/B-3)

Berita Terbaru