Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kotawaringin Timur akan Periksa Hati dan Jeroan Sapi Kurban

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Agustus 2019 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hari ini, Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan memeriksa hati dan jeroan sapi kurban yang sudah disembelih masyarakat, baik itu yang dilaksanakan di Masjid maupun di rumah-rumah masyarakat. 

"Sebelumnya kami sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sapi, namun pada hari ini kami kembali memeriksa hati dan jeroannya," ujar Kepala Dinas Pertanian Kotim I Made Dikantara, Minggu, 11 Juli 2019. 

Pemeriksaan hati dan jeroan tersebut sebagai upaya pihaknya untuk memastikan daging sapi yang akan dibagikan kepada masyarakat benar-benar sehat. Sehingga tidak menjadi sumber penyakit bagi yang mengonsumsinya. 

Bahkan nantinya jika di lapangan ditemukan indikasi daging sapi yang berpenyakit, pihaknya akan langsung melarang orang yang berkurban untuk membagikannya. 

"Kalau ditemukan, kami akan langsung melarangnya. Karena kami tidak ingin daging yang dibagikan tersebut malah membahayakan bagi yang mengonsumsinya," kata Made. 

Sementara, dari hasil pemeriksaan kesehatan terhadap sapi kurban di Sampit, tidak ditemukan sapi yang terindikasi berpenyakit atau tidak layak untuk kurban. 

"Dari 1.150 sapi dan 315 kambing yang kami periksa, semuanya aman dan layak untuk dikurbankan. Namun kami tetap akan melakukan pemeriksaan kedua kalinya terhadap hati dan jeroan hewan kurban masyarakat," terang Made. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru