Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya 50 Persen dari 150 Ha Lahan Berhasil Dipadamkan di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Agustus 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dari 150 hektare lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur yang terbakar hanya 50 persen yang bisa dipadamkan oleh Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) baik itu darat maupun udara.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, M Yusup, Minggu, 11 Agustus 2019 mengatakan rata-rata titik api yang muncul sangat sulit dijangkau, karena jaraknya jauh, dan akses jalan sangat minim. Sehingga mobil atau motor pemadam kebakaran tidak bisa mencapai lokasi.

"Saat ini kami hanya berharap banyak terhadap tim Satgas Karhutla udara. Karena banyak lahan yang terbakar tidak bisa ditempuh melalui jalur darat," katanya.

Sehingga yang bisa dilakukan mereka saat ini adalah terus berupaya mengantisipasi terjadinya Karhutla.

Jika memang lahan yang terbakar masih bisa dijangkau, maka pemadaman akan dilakukan hingga tuntas. Namun jika tidak bisa dijangkau melalui jalur darat, maka pemadaman akan dilakukan melalui udara.

"Lahan yang terbakar dan sukit dijangkau tersebut berada di Kecamatan Teluk Sampit, Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Utara, dan Mentaya Hilir Selatan. Sehingga setiap hari pengeboman air terus dilakukan di daerah tersebut," terangnya.

Dia berharap masyarakat agar terus menerus menjaga lahan agar tidak terbakar atau dibakar. Karena pihaknya tidak ingin akibat hal tersebut menimbulkan kabut asap, sehingga mengganggu kesehatan masyarakat dan aktivitas perekonomian dan pendidikan. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru