Sungai Katingan Terus Menyurut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Agustus 2019 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sungai Katingan saat ini terus menyurut. Surutnya air Sungai Katingan ini karena di wilayah Kabupaten Katingan sudah lebih dari satu bulan tidak lagi diguyur hujan.

Akibatnya Sungai Katingan dangkal. Dibeberapa tempat muncul gundukan pasir di tengah sungai yang biasa disebut warga gosong.

Selain di Petak Bahandang Kecamatan Tasik Payawan, gosong juga banyak ditemui di Sungai Katingan di Kasongan dan sekitarnya.

Akibat sungai yang surut ini dikeluhkan sejumlah pemilik keramba ikan di Sungai Katingan. Debit air Sungai Katingan yang surut menyebabkan tidak jarang ikan keramba yang mati, baik yang masih kecil maupun siap panen.

"Selain air yang keruh, penyebab matinya beberapa ikan keramba kami juga karena berkurangnya arus sungai, yang selama air surut ini cenderung tenang," ujarnya Amat, seorang pemilik keramba ikan di Kasongan, Minggu, 11 Agustus 2019.

Dia mempunyai 8 keramba ikan dan 4 di antaranya sudah dipanen sebelumnya. Semua keramba diisi ikan jenis nila.

"Harapan kita hujan bisa kembali turun dalam beberapa ke depan, sehingga debit air Sungai Katingan bertambah," harapnya.

Sementara itu surutnya air Sungai Katingan terutama di Kasongan dimanfaatkan oleh sejumlah warga memancing ikan.

Selain jenis udang, ikan sungai hasil memancing juga ada jenis lainnya, seperti baung, lais, dan patin. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru