Satgas Karhutla Kotawaringin Timur Belum Rencanakan Pengajuan Hujan Buatan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Agustus 2019 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Timur terus terjadi. Bahkan sudah 150 hektare lahan yang terbakar.

Meski kebakaran yang terkadi cukup luas, namun Satuan Tugas (Satgas) Karhutla belum mengajukan hujan buatan ke provinsi.

"Kami belum merencanakan pengajuan hujan buatan ke provinsi dan pusat," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusup, Minggu, 11 Agustus 2019.

Hal itu belum dilakukan, karena saat ini fokus dan terus berupaya melakukan pemadaman terhadap Karhutla yang telah terjadi baik melalui tim Satgas Karhutla darat maupun udara.

Bahkan pihaknya saat ini juga mendapatkan bantuan dari Satgas Karhutla bentukan Polres Kotimm, sehingga dengan upaya ini pihaknya masih berjuang untuk memadamkan Karhutla yang terjadi di daerahnya.

Namun ke depan jika memang Karhutla yang terjadi di Kotim terus meluas dan sangat sulit ditanggulangi, maka bukan tidak mungkin nantinya akan ada pengajuan untuk hujan buatan agar sejumlah titik kebakaran bisa padan nantinya.

"Tapi mudah-mudahan kebakaran lahan terus mereda nantinya, sehingga cuaca di Sampit bisa kembali normal," harapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru