Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Benih Ikan Jelawat Terus Dikembangkan 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Agustus 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) terus mengembangkan bibit ikan jelawat. Bahkan pihaknya beberapa waktu lalu sudah menabur benih jelawat mencapai 60 ribu ekor. 

"Ada 60 ribu benih ikan jelawat yang sudah kami tabur. Ini upaya yang kami lakukan untuk pengembangan ikan jelawat," ujar Kepala Dinas Perikanan Kotim Herianto, Senin, 12 Agustus 2019. 

60 ribu benih tersebut ditabur di 7 keramba jaring apung yang ada di Danau Manjuan atau Danau Jelawat. Yang berada di Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Baamang, Kotim. 

Benih tersebut memang senagaj di tabur di danau tersebut. Karena dari hasil penelitian mereka, di daerah tersebut sangat cocok untuk ikan jelawat. Bahkan sudah pernah panen jelawat hasil dari keramba apung di danau tersebut. 

"Di Kotim memang sangat sulit mencari tempat untuk tambak ikan jelawat, namun di Danau Manjuhan ini sudah sangat cocok untuk perkembangbiakan ikan jelawat," kata Herianto. 

Sementara, hingga saat ini sudah ada ikan jelawat yang beratnya mencapai 1 kilogram di keramba tersebut. Yang merupakan hasil dari budidaya setahun yang lalu. Namun ikan tersebut belum bisa dipanen, karena masa penen jelawat yakni 2 tahun. 

"Kalau masa panen ikan jelawat yakni 2 tahun, sehingga memang butuh kerja ekstra untuk budidaya ikan jelawat ini," terang Herianto. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru