Siswa SMAN 1 Gunung Timang Diberi Penyuluhan Bahaya Narkoba

  • Oleh Ramadani
  • 12 Agustus 2019 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Sekitar 300 lebih siswa SMAN 1 Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara  diberi sosialisasi dan penyuluhan tentang bahaya, dampak, dan sanksi penyalahgunaan narkoba.

Sosialisasi dilaksanakan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Barito Utara yang bekerjasama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Camat dan Kapolsek Kecamatan Gunung Timang di aula SMAN I, Senin, 12 Agustus 2019.

Para siswa dan siswi pada sosialisasi tersebut juga mendapat pengetahuan terhadap bahaya peredaran narkoba, serta mengenali jenis jenis narkotika, efek dan prilaku pengguna barang haram tersebut. Para pelajar ini sangat antusias mendegarkan materi yang disampaikan oleh BNK dan Polsek serta bertanya dalam penyuluhan narkoba ini.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Barito Utara Drs Langkap Umar melalui Sekretaris Badan (Sekban) Hotni Ida Nababan mengatakan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk menghindari para generasi muda agar tidak terjerumus dalam pergaluan bebas dan penyalahgunaan obat-obat terlarang.  

“Hal ini harus disampaikan kepada generasi muda sedini mungkin, agar meproteksi diri sedini mungkin, jauhkan narkoba pada diri kita, keluarga dan masyarakat,” kata Hotni Ida Nababan.

Ida Nababan juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi penyuluhan tentang bahaya obat-obat terlarang (narkotika) di Kecamatan Gunung Timang ini para pelajar dapat mengatisipasi dan dapat mencegah peredaran narkoba di masyharakat dan terutama para pelajar.

Penyuluhan tentang bahaya penyalagunaan obat-obat terlarang seperti narkoba dan lainnya juga disampaikan Camat Gunung Timang, Bahrum Girsang, Kapolsek Gunung Timang. Dikatakan Camat Bahrum Girang, sosialisasi ini sangat penting dilakukan dan diberikan kepada para generasi muda khususnya para pelajar.

Sementara Camat Gunung Timang, Bahrum Girsang menyampaian bahwa kegiata ini dilaksanakan agar para pelajar ataupun generasi muda tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang bisa merusak masa depan para pelajar. Para pelajar diminta agar fokus untuk menuntut ilmu dan mengerjaan hal-hal yang lebih bermamfaat. 

“apabila para pelajar mengetahui ada penguna atau pemakai narkoba dilingkungannya agar segera melapor ke dewan guru atau pihak yang berwewang untuk dilakukan pembinaan dan tindakan tegas,” kata Camat Gunung Timang. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru