Plt Kepala Dinas Kominfo Kapuas Ajak Generasi Muda Bela Negara melalui Media Sosial

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 12 Agustus 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pesatnya perkembangan zaman dan teknologi saat ini membuat setiap orang khususnya tidak bisa lepas dari smartphone dan media sosial dalam berbagai aktivitas sehari-sehari.

Terkait itu, Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat mengajak masyarakat, khususnya generasi muda sebagai pengguna aktif internet dapat memiliki sikap bela negara melalui media sosial.

Menurut Suwarno, bela negara melalui media sosial itu diantaranya dapat berbentuk dengan tidak ikut menyebarkan berita hoaks atau informasi yang belum teruji kebenaran dan faktanya.

"Oleh karena itu, dalam bermedia sosial harus melakukan yang baik terutama dalam menyikapi berita yang ada karena media sosial juga bisa membuat pemahaman yang keliru jika digunakan dengan tidak tepat," ucap Suwarno, Senin, 12 Agustus 2019.

Lebih lanjut, Suwarno berpersan agar ketika menerima informasi melalui media sosial harus dikonfirmasi kebenarannya dan sumbernya harus jelas. Jika informasi tersebut memang benar, layak dan bagus maka bisa diteruskan.

"Tapi kalau berita itu tidak benar maka itu bisa dikatakan berita hoaks maka tidak perlu disebarluaskan, bahkan jika bisa kita perlu cari tahu kebenarannya lalu diberitahukan melalui media sosial maka itu termasuk bela negara,” katanya.

Selain itu, dia juga menerangkan, berbagai macam fenomena terjadi di media sosial, jutaan orang dapat membaca, berpikir, mencermati dan menulis bahkan menyampaikan pesan dalam media sosial. "Sehingga saat bermedia sosial harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk ikut berbangsa dan bernegara," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru