Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kawasan Observasi Jadi Perhatian Ancaman Karhutla 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 12 Agustus 2019 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah bersama instansi terkait lainnya yang tergabung dalam satuan tugas terus berupaya mencegah serta memadamkan kebakaran hutan dan lahan. 

Selain bergerak pada titik terjadinya kebakaran, pihaknya juga memperhatikan kawasan observasi baik di Taman Nasional Tanjung Puting maupun Borneo Orangutan Survival Foundation Nyaru Menteng.

"Jangan sampai terkena kebakaran. Namun di daerah Tanjung Puting dan Nyaru Menteng sudah dibuat sekatnya," kata Sekda Kalteng Fahrizal Fitri usai rapat koordinasi evaluasi status siaga darurat bencana Karhutla di Pusat Pengendalian Operasi atau Pusdalops, Senin, 12 Agustus 2019.

Rapat tersebut dihadiri Komandan Satgas Karhutla yang juga Danrem 102/Pjg Kolonel Arm Saiful Rizal, Kepala Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran atau BPB-PK Kalimantan Tengah, Mofit Saptono Subagio dan instansi terkait lainnya. 

Salah satu poin yang dihasilkan dalam rakor tersebut yakni memperpanjang status siaga darurat bencana Karhutla sampai dengan 30 Oktober 2019.

Selain itu juga turut dibahas soal peralatan pemadaman. Yakni dibutuhkan mesin pompa ukuran kecil sehingga dapat dibawa dengan mudah menuju titik api yang sulit dijangkau. (BUDI YULIANTO/B-2/Sdv)

Berita Terbaru