Legislator Ingin Laboratorium Lingkungan Didirikan di Seruyan

  • Oleh Reno
  • 12 Agustus 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Ketua Komisi C DPRD Seruyan, Muhtadin menyebutkan, Kabupaten Seruyan sangat layak jika didirikan laboratorium lingkungan. Sebab, di Kabupaten Seruyan sendiri terdapat banyak perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit, yang secara rutin mengecek air limbah bekas operasional perkebunan.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam pengecekan limbah, yang berpengaruh terhadap kualitas lingkungan di sekitar lokasi operasional perusahaan.

"Seruyan ini sudah layak untuk didirikan laboratorium lingkungan, mengingat banyak PBS perkebunan yang beroperasi. Salah satunya, bisa memberikan kemudahan untuk pengecekan limbah," kata Muhtadin, Senin, 12 Agustus 2019.

Dia mengatakan, selama ini Seruyan sedikit kesulitan jika ingin melakukan pengecekan. Terutama bila ada indikasi pencemaran limbah lingkungan oleh PBS perkebunan. Sehingga harus mengirim sampel ke daerah lain. Hal tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang lebih mahal.

"Apabila Seruyan mampu mendirikan sendiri laboratorium lingkungan, akan ada banyak hal positif," jelasnya.

Selain itu pula, Pemkab Seruyan juga mendapat keuntungan dari biaya yang ditimbulkan atas pemeriksaan di laboratorium. 

Dia mengatakan, meski membutuhkan biaya yang mahal dalam membangun laboratorium, namun tidak ada salahnya direncanakan terlebih dahulu. Dengan harapan, bisa terwujud di kemudian hari. (RENO/B-11)

Berita Terbaru