20 Unit Mesin Portable Disiapkan untuk Padamkan Kebakaran di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Agustus 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sedikitnya 20 unit mesin portable telah disiapkan jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Katingan.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama melalui Kasi Logistik BPBD, Andri, Selasa, 13 Agustus 2019 menuturkan rencananya 20 unit mesin pemadam ini bakal digunakan membantu pemadaman lahan gambut di wilayah Kecamatan Kamipang dan Tasik Payawan.

Pasalnya, sejak bebeberapa hari terakhir kebakaran lahan antara Desa Talingke Kecamatan Tasik Tayawan dengan wilayah Kecamatan Kamipang terbakar. Dan hingga kini kebakaran tersebut belum berhasil dipadamkan sepenuhnya.

"Rencananya tim gabungan akan kembali bertolak ke wilayah Kamipang untuk memadamkan kebakaran lahan di sana, dan membawa 20 unit mesin pemadam jenis portable," kata Andri.

Menurutnya, untuk kebakaran lahan yang tidak jauh dari jalan, pemadaman dilakukan menggunakan mobil pemadam. Sementara untuk yang sulit dijangkau menggunakan mesin portable itu.

Menurut Andri, mesin portable bisa menjangkau hingga radius 100 meter. "Jadi mesin pemadam jenis portable ini untuk memadamkan kebakaran lahan terutama yang sulit dijangkau menggunakan mobil pemadam," imbuh Andri.(ABDUL GOFUR).

Berita Terbaru