Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Sukamara Data 62 Titik Api Terpantau hingga Agustus 

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Agustus 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara mencatat, sebanyak 62 hotspot atau titik api yang terpantau sejak bulan Januari hingga Agustus 2019. Di mana DLH terus lakukan upaya untuk tanggulangi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

"Kalau jumlah hotspot, kalau tidak salah sampai dengan Agustus ini ada 62 titik api yang terpantau," ucap Kepala DLH Sukamara, Rendy Lesmana, Selasa, 13 Agustus 2019.

Menurut Rendy, jumlah titik api tersebut mengalami penurunan jika dibanding dengan tahun lalu, dimana selama tahun 2018 DLH mencatat sebanyak 481 hotspot yang terpantau oleh satelit TERA-AQUA.

"Untuk tahun lalu ada 481 hotspot, dan mudah-mudahan tahun ini untuk karhutla bisa kita tanggulangi, sehingga jumlahnya tidak terus bertambah," harap Rendy.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Damkar, Iwan Miraza mengatakan, kasus kebakaran yang terjadi 99 persen disebabkan oleh manusia.

"Faktor kebaran ini 99 persen disebabkan oleh manusia, sementara secara teori hanya satu persen saja kebakaran hutan dan lahan yang disebabkan oleh faktor alam, yaitu bisa saja karena kemarau panjang adanya patahan-patahan pohon, adanya gesekan-gesekan yang menimbulkan api, tetapi itu hanya satu persen saja, yang banyak itu faktor manusia," jelas Iwan Miraza.

"Kita terus berupaya agar setiap kebakaran bisa kita tangani dengan cepat," tuturnya. (NORHASANAH)

Berita Terbaru