Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selama Agustus 273 Ribu Hektare Lahan Terbakar di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Agustus 2019 - 15:16 WIB

BORNENONEWS, Sukamara - Tercatat, seluas 273 hektare lahan terbakar selama Agustus 2019. Di mana luas lahan akan terus bertambah jika kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus terjadi.

"Untuk data Agustus ada 273 hektare lahan yang terbakar," ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, Rendy Lesmana, Selasa, 13 Agustus 2019.

Menurut Rendy, lahan tersebut sudah mencakup seluruh kawasan yang ada diwilayah Bumi Gawi Barinjam, dimana kebanyakan lahan yang terbakar adalah gambut di Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Sukamara.

"Yang banyak itu wilayah gambut, di Sukamara juga sperti Kelurahan Pandang, Kelurahan Mendawai, Pudu, Desa Natai Sedawak juga banyak kebakaran yang terjadi," tuturnya.

"Namun jika dibanding dengan tahun lalu, luasan lahan yang terkbakar tahun ini belum ada setengahnya, kita mencatar ditahun 2018lalu mencapai 1190 hektar. Mudah-mudahan tidak terus bertambah," harapnya.

Rendy menambahkan, untuk jumlah hotspot sampai dengan Agustus ini ada 62 titik api yang terpantau, dimana jumlah titik api tersebut mengalami penurunan jika dibanding dengan tahun lalu yang berjumlah sebanyak 481 hotspot.

"Untuk tahun lalu ada 481 hotspot, dan mudah-mudahan tahun ini untuk karhutla bisa kita tanggulangi," ujar Rendy Lesmana. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru