Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Kemarau Diprediksi Sampai November 2019

  • Oleh Ramadani
  • 13 Agustus 2019 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Barito Utara memprediksi, kemarau yang akan terjadi di Kabupaten Barito Utara sampai November 2019.

Kepala BMKG stasiun meteorologi Beringin, Barito Utara, Sudarmono saat dimintai konfirmasi di kantornya, Selasa 13 Agustus 2019 mengungkapkan, awal musim kemarau tahun 2019 pada zona 267 yang meliputi wilayah Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya diperkirakan terjadi pada Juli dasarian I - dasarian III dengan sifat hujan atas normal, puncak musim kemarau diperkirakan terjadi pada Agustus 2019.

Namun, kata dia, berdasarkan prediksi ENSO BMKG pada Mei 2019 sampai dengan Oktober 2019 di wilayah Indonesia masih dalam kategori El Nino lemah, dimana Suhu Muka Laut (SST) di Samudera Pasifik dan Hindia lebih hangat dibandingkan normalnya. Hal ini menunjukkan musim kemarau pada tahun 2019 masih dalam kategori Normal. 

Memasuki akhir bulan Oktober, indeks ENSO menurun dan mencapai kategori Normal yaitu berada pada rentang (+0,5) - (-0,5). Hal ini menunjukkan bahwa diprediksi pada bulan Oktober memasuki awal musim penghujan.

“Namun kemungkinan, dari prediksi tersebut serta melihat gradien angin, musim kemarau akan panjang, bisa mencapai November bahkan Desember,” terangnya.

Disampaikan Sudarmono, untuk terjadi hujan dalam musim kemarau ini sangat rendah, kalaupun ada hanya gerimis saja.

“Untuk curah hujan pada Agustus 2019 di wilayah Kabupaten Barito Utara dalam kategori rendah yaitu 51 sampai 100 mm,” terangnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru