Taman Nasional Sebangau Mulai Dikepung Api

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Agustus 2019 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Taman Nasional atau TN Sebangau di wilayah Kabupaten Katingan saat ini mulai dikepung api. Saat ini kobaran api membakar lahan di bagian Utara dan Selatan TN Sebangau.

Namun, pihak TN Sebangau mengaku bahwa sampai saat ini TN Sebagau masih aman dari kebakaran itu.

"Kemarin yang terpantau ada titik panas di wilayah Kecamatan Mendawai itu berada di luar kawasan TN Sebangau, yakni di eks pembangunan badan jalan Mendawai - Hampangen, jadi tidak masuk wilayah taman nasional," sebut  Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Sebagau wilayah III Katingan, Perie Ariesandi, Selasa, 13 Agustus 2019.

Pun demikian dengan kebakaran lahan yang terjadi wilayah Kecamatan Kamipang tepatnya antara Desa Talinge Kecamatan Tasik Payawan dengan Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang, juga masih berada di luar areal TN Sebangau.

"Belum masuk kawasan. Itu wilayah Arjuna. Dan TN Sebangau sendiri sampai saat ini relatif aman," ujarnya.

Menurut Perie sejauh ini pihaknya sudah menyiagakan regu pemadam kebakaran Manggala Agni di Baun Bango Kecamatan Kamipang itu.

Sehingga jika sewaktu-waktu ada kawan TN Sebagau di wilayah ini terbakar mereka akan sigap memadamkan kebakaran dan memberitahukan kepada pihak SPTN Sebangau wilayah III.

Memang, kata Perie, saat ini sebagian besar lahan di kawasan TN Sebangau wilayah III Katingan mengalami kekeringan. Namun begitu belum ada titik api di kawasan TN Sebagau. 

Hal ini karena masyarakat terutama di sekitar TN Sebagau juga ikut menjaga agar kawasan TN Sebangau aman dari kebakaran. Pun demikian juga peran pihak WWF yang juga turut menjaga kelestarian TN Sebagau terutama dari bahaya kebakaran hutan dan lahan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru