Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Kecamatan di Sukamara Masuk Kategori Rawan Karhutla

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Agustus 2019 - 20:16 WIB

BORNEOMEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengatakan, ada tiga kecamatan di daerah ini yang rawan kebakaran hutan dan lahan. Sebab, karhutla kerap terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

"Berdasarkan data sementara, ada tiga kecamatan yang banyak mendapat laporan terjadi karhutla. Yakni Kecamatan Pantai Lunci, Kuala Jelai, dan Sukamara," kata Ahmadi, Selasa, 13 Agustus 2019.

Untuk mengantisipasi kebakaran yang lebih luas, Ahmadi pun menginstruksikan kepada seluruh kepala desa untuk memaksimalkan pencegahan. Caranya bisa menggunakan anggaran desa.

"Kita sudah siapkan posko di sejumlah wilayah rawan Karhutla. Di posko itu nanti akan ada Tim Serbu Api (TSA) yang menggunakan anggaran desa. Bisa dengan melakukan patroli setiap hari, terutama memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat untuk tidak membakar lahan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, Rendy Lesmana mengatakan, kendala yang dihadapi Tim Serbu Api saat memadamkan api yakni medan yang sulit dan kurangnya ketersedian air.

"Berdasarkan laporan dari kawan-kawan di lapangan, petugas kesulitan air. Kemudian akses menuju lokasi yang terbakar," kata Rendy Lesmana.(NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru