Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkebunan Harus Ikut Tekan Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Naco
  • 13 Agustus 2019 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur menegaskan kepada seluruh perusahaan perkebunan di daerah ini, untuk aktif dan berperan serta menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

Rudianur juga menyatakan sepakat, agar siapa pun yang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan memang untuk diproses secara hukum.

Hal itu untuk dapat memberikan efek jera, baik itu kepada oknum masyarakat dan maupun koorporasi, jika memang terbukti terlibat dalam kebakaran lahan.

"Kami tegaskan pula untuk perkebunan yang sudah teridentifikasi muncul titik api, agar diproses secara hukum," kata Rudianur, Selasa, 13 Agustus 2019.

Rudianur mendengar ada kabar jika sudah ada perkebunan yang diidentifikasi muncul titik api. Da berhara[, kasus itu diproses lebih jauh. Untuk mengungkap ada atau tidaknya unsur kesengajaaan.

"Siapapun orang sengaja membakar lahan harus diproses," tegas politisi Partai Golkar itu.

Di sisi lain, ia juga cenderung menilai penyebab kebakaran ini bukan karena petani. Tetapi karena adanya oknum yang sengaja membakar lahan untuk kepentingan usahanya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru