Akar Bajakah Si Obat Kanker Payudara Ada di Pedalaman Hutan Kalimantan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 13 Agustus 2019 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Guru Pembina Ekstrakulikuler Karya Tulis Ilmiah SMAN 2 Palangka Raya, Helita mengatakan, tumbuhan akar Bajakah, obat tradisional untuk kanker payudara tidak mudah ditemukan.

“Akar tersebut berada di dalam hutan. Mengambilnya pun tidak mudah, harus melalui jalan yang panjang,” kata Helita saat di halaman SMAN 2 Palangka Raya, Selasa, 13 Agustus 2019.

Ia mengatakan, untuk mengambil akar tersebut selain harus melewati jalan darat dan masuk hutan juga harus menggunakan perahu menyusuri sungai.

Selain itu, lanjut dia, orang yang mengetahui bentuk tumbuhan tersebut di dalam hutan hanya sedikit. “Mungkin hanya dua tiga orang yang mengetahui,” ucap Helita.

Helita mengakui, sampai sekarang belum mengetahui bentuk tumbuhan tersebut saat berada di alam liar. Karena memang sample yang dibawakan oleh muridnya sudah berupa potongan kayu.

“Sebenarnya itu bukan akar, berupa batang. Saya tidak melihat utuh bagaimana morphologinya tapi deskripsi tumbuhan itu berupa pohon yang menjalar,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru