Raihan Gold Medal Obat Kanker Payudara Tangkis Anggapan Mistik pada Obat Tradisional

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 13 Agustus 2019 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Prestasi gold medal obat kanker payudara di ajang World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan, menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMAN 2 Palangka Raya.

Guru Pembina Ekstrakulikuler Karya Tulis Ilmiah SMAN 2 Palangka Raya, Helita, menilai raihan tersebut juga merupakan bukti tidak ada unsur mistik dalam obat tradisional dayak.

“Obat akar akaran di Kalimantan Tengah banyak sekali. Orang awam biasanya akan bependapat itu ada mistik di sana,” kata Halita, di SMAN 2 Palangka Raya, Selasa, 13 Agustus 2019.

Hal itulah, lanjut dia, yang mencoba dibuktikan oleh pihaknya. Sebagai langkah untuk menangkal kabar unsur mistik, tetapi merupakan kearifan lokal suku Kalimantan Tengah.

“Dengan begini semua orang bisa mengetahui,” ucap Halita.

Selama ini, lanjut dia, pengobatan tradisional seperti itu hanya dibagikan secara turun temurun dalam keluarga. Semua itu bisa dijadikan literatur pustaka untuk generasi selanjutnya.

“Jika nanti sampai kakek neneknya tidak ada pasti akan putus ilmu tersebut. Kita tidak tahu tanaman yang memiliki khasiat, terutama mengobati penyakit,” tandasnya. (HERMAWAN D/B-11P)

Berita Terbaru