Lahan Terbakar di Kalimantan Tengah Capai 2.685 Hektare

  • Oleh Budi Yulianto
  • 13 Agustus 2019 - 22:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Luasan lahan yang terbakar di Kalimantan Tengah telah mencapai 2.685,95 hektare. Angka ini merupakan data sejak Januari sampai 12 Agustus 2019.

"Untuk terluas ada di Palangka Raya yaitu 1.048,65 hektare. Kemudian 464,7 di Seruyan, 412 hektare di Pulpis, 415,56 hektare di Kotim. Sisanya di kabupaten lain," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran atau BPB-PK Kalteng, Mofit Saptono Subagio, Selasa, 13 Agustus 2019.

Dia menuturkan upaya penanggulangan dan pemadaman bersama pihak terkait terus dilakukan dari jalur darat maupun udara.

Sejauh ini sudah tercatat 2.587 kali pengeboman air yakni melalui helikopter water boombing. Helikopter bantuan BNPB itu beroperasi setiap hari.

"Penggunaan helikopter karena tiga hal. Pertama aksesbilitas. Yakni tidak bisa dijangkau dengan darat baik itu roda dua, empat maupun berjalan kaki. Kedua, air tidak diperoleh sementara kita menghadapi kecepatan penyebaran api. Ketiga, luasan kebakaran itu bisa sangat sporadis terjadi sehingga harus dilakukan water bombing," jelasnya.

Upaya pemadaman menggunakan helikopter memang membutuhkan dana besar. Namun yang dilakukan tersebut merupakan upaya pengendalian untuk mencegah kerugian akibat dampaknya.

Selain itu pihaknya juga tetap menyampaikan sosialisasi dan berharap kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru