Wakil Bupati Katingan Ikut Padamkan Kebakaran Lahan 

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Agustus 2019 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang ikut berbaur bersama tim gabungan untuk memadamkan kebakaran lahan di Jalan Soetoyo arah Kasongan - Talian Kereng Kecamatan Katingan Hilir, Selasa, 13 Agustus 2019 sore.

Kebakaran di lahan kosong ini sudah terjadi sejak Senin, 13 Agustus 2019. Meski puluhan tim gabungan sejak saat itu berusaha memadamkan api di lahan kosong sekitar 2 hektar, namun api ternyata belum sepenuhnya padam.

Bahkan pada Selasa, lahan tersebut kembali membara, hingga membuat tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Tagana, relawan kembali turun memadamkan api.

Hingga Selasa sore api yang membakar lahan seluas tiga hektar di tempat ini tak kunjung padam, hingga Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang turun tangan ikut memadamkan api.

Wabup Sunardi tampak tidak canggung menaiki mobil tangki pembawa air untuk pemadaman itu. Di atas mobil pemadam, Sunardi Litang langsung mengarahkan selang penyemprot air terhadap lahan yang terbakar.

Untuk memadamkan lahan yang terbakar, orang nomor dua di Katingan ini tampak 
berulang mengarahkan selang air pada titik-titik lahan terbakar itu hingga benar-benar padam.

Meski begitu tidak sedikit lahan bekas disemprot kembali berasap, sebab lahan bagian bawah tidak basah, ini karena gambut di tempat ini cukup tebal.


Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Sunardi Litang mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan pada musim kemarau ini, sebab dampak yang bakal ditimbulkannya cukup besar.

Selain mengganggu jarak pandang, juga mengganggu kesehatan.(ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru