Ratusan ASN Diterjunkan Tanggulangi Kebakaran

  • Oleh Budi Yulianto
  • 14 Agustus 2019 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ratusan aparatur sipil negara atau ASN lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kejaksaan Tinggi Kalteng diterjunkan untuk membantu Tim Satuan Tugas Karhutla dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan. 

Upaya ini dilakukan berkat gagasan Kejaksaan Tinggi Kalteng dalam kegiatan bertajuk Jaksa Peduli Karhutla. 

"ASN lingkungan pemerintah provinsi kita libatkan. Kalau digabung dengan kejaksaan diperkirakan 1.000-an ASN," kata Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Rabu, 14 Agustus 2019.

Sekda menuturkan, ASN yang diturunkan itu akan disebar di sejumlah titik kebakaran, salah satunya kawasan Jalan Adonis Samad.

"Jadi sehari ini saja. Ini maksudnya memberikan contoh kepada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Karena dampak kebakaran cukup besar. Kabut asap menggangu kesehatan," ungkapnya. 

Sekda berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat agar bersama-sama menanggulangi ancaman panjang terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Tentu kita harapkan, kabut asap segera hilang sehingga lingkungan bersih, udara yang segar dan nyaman bisa kita rasakan lagi," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah Adi Sutanto, mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud membantu satuan tugas. 

Selain upaya pencegahan, juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk turut peduli menjaga lingkungannya. (BUDI YULIANTO/ADV/B-3)

Berita Terbaru