Sekda Kalteng Harapkan Usut Tuntas Aktor Pembakaran Lahan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 14 Agustus 2019 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penangkapan terhadap terduga pelaku pembakaran lahan, salah satunya berinisial Ha (44), di Jalan G Obos 14, Kota Palangka Raya, Selasa, 13 Agustus 2019, mendapat tanggapan Sekda Kalteng Fahrizal Fitri.

Sekda berharap, kasus diusut tuntas untuk mencari aktor di balik tindakan pembakaran tersebut.

"Segera usut dan telusuri siapa aktornya. Kami melihat ini ada unsur kesengajaan. Kami juga terimakasih atas pengungkapannya," kata Sekda Kalteng, Rabu, 14 Agustus 2019.

Ia menambahkan, kebakaran lahan paling banyak terjadi di Kota Palangka Raya. Ini cukup menjadi pertanyaan apa yang sebenarnya terjadi.

Oleh sebab itu, aparat penegak hukum yang memproses pelaku pembakaran diharapkan bisa menelusuri dan mengungkap siapa aktornya. Termasuk apa motif dibalik dari tindakan tersebut.

Seperti diberitakan, Ha ditangkap oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palangka Raya di kawasan Jalan G Obos 14 ujung.

Kepala Satpol PP, Benhur mengatakan, sebelumnya telah membentuk tim terpadu yang ditempatkan di suatu tempat dari pagi sampai tengah malam. 

"Kemungkinan teman-teman sudah bertemu beberapa kali, hanya belum dapat membuktikan bahwa dia pelakunya," ungkapnya.

"Nah, begitu api menyala, anggota langsung menyergap dan bapak ini ketangkap," tuturnya.

Sementara itu, Ha mengaku awalnya ada 5 orang namun hanya dia yang tertangkap. Ha mengaku melakukan pembakaran karena mendapat imbalan Rp 100 ribu. (BUDI YULIANTO/ADV/B-3)

Berita Terbaru