Tindak Pidana Asusila Dominasi Penanganan Kasus Polres Kotawaringin Timur 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Agustus 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Semester pertama 2019 kasus kriminal umum mendominasi penanganan yang dilakukan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kotawaringin Timur (Kotim). Dan yang paling banyak terjadi yakni kasus asusila. 

"Dalan satu semester terakhir ini, kasus asusila mendominasi penanganan yang kami lakukan," ujar Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel melalui Kasat Reskrim AKP Achmat Budi Martono, Rabu, 14 Agustus 2019. 

Sementara, dalam semester pertama ini, setidaknya ada 30 kasus kriminal umum yang ditangani oleh pihaknya. Beberapa diantaranya sudah proses tahap dua. Adapun daftar kasusnya yakni pencurian dengan pemberatan (Curat) ada 4 kasus, pencurian dengan kekerasan (curas) ada 3 kasus dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ada 2 kasus. Ketiga kasus ini semuanya telah selesai dan pelakunya sudah ditangkap. 

Selain itu, ada jugs pencurian biasa (cubis) ada 1 kasus, tindak pidana penganiayaan ada 4 kasus, penggelapan ada 4 kasus, kebakaran ada 2 kasus, pencemaran nama baik 1 kasus, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ada 2 kasus, penyerobotan lahan 1 kasus dan gendam 1 kasus.

"Ada tiga perkara yang belum selesai semua yakni Cubis, pencemaran nama baik, dan penyerobotan lahan. Sementara kasus penganiayaan maupun gendam baru selesai satu," kata Budi. 

Pihaknya juga menyelesaikan beberapa kasus tunggakan tshun sebelum di tahun ini. Terutama kasus menonjul yang belum terungkap. Karena pihaknya komitmen untuk menyelesaikan kasus yang ada saat ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru