Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Terpadu Kapuas Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Desa Sei Gawing

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Agustus 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim terpadu kebakaran hutan dan lahan atau karhutla Kabupaten Kapuas berjibaku untuk memadamkan munculnya api kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Jalan Lintas Kalimantan tepatnya di Desa Sei Gawing, Kecamatan Mantangai.

Pemadaman dilakukan oleh tim terpadu yang terdiri dari personel BPBD Kapuas, KPHL Kapuas Kahayan, TNI, Polri dan masyarakat sekitar menggunakan mesin pemadam portable.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga bahwa pihaknya terus siaga dan berupaya melakukan penanggulangan dan pemadaman jika terjadinya karhutla.

"Iya, tim sudah berupaya memadamkan api di Jalan Trans Kalimantan, Desa Sei Gawing dengan titik koordinat -1°51'46" 114°15'14, saat hendak melakukan pengecekan titik panas," ucap Panahatan Sinaga kepada wartawan, Rabu, 14 Agustus 2019.

"Untuk luasan area terbakar belum dapat dihitung. Karena keterbatasan peralatan dan api tidak dapat dijangkau sepenuhnya oleh tim," lanjutnya.

Lebih lanjut, Panahatan Sinaga menuturkan bahwa piahaknya tetap siaga dalam melakukan penanggulangan dan mitigasi karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas.

"Untuk itu peran aktif semua pihak diperlukan dalam mencegah terjadinya karhutla ini," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru