Pengunjung Perpustakaan di Sukamara Rendah, Ini Faktornya

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Agustus 2019 - 15:06 WIB

BORNEOMEWS, Sukamara - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPK) Sukamara, Karyono mengatakan, masih rendahnya jumlah masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan daerah disebabkan beberapa faktor.

"Kenapa sampai hari ini masyarakat masih enggan untuk berkunjung keperpustakaan, kami menyadari karena ada beberapa hal," ucap Karyono, Rabu, 14 Agustus 2019.

Menurut Karyono, faktor pertama ada kondisi gedung yang saat ini sangat sempit, sehingga penataannya cukup sulit membuat nyaman masyarakat yang berkunjung untuk melihat dan membaca buku.

"Meskipun begitu, kami tidak berkceil hati, kamk tetap akan berpacu untuk bersama membangun pemerintah Kabupaten Sukamara dengan tupoksi kami," tuturnya.

Karyono menambahkan, bahwa Perpustakaan Daerah telah menyediakan bernagai fasilitas penunjang untuk membuat pengunjung lebih nyaman, selain menyedian berbagai macam buku yang dibutuhkan, juga adanya jaringan wifi yang bisa diakses masyarakat.

"Untuk perpustakanaan, ada beberapa yang kita lihat bisa dikembangkan dengan buku-buku yang ada, ini terbukti dengan adanya kerjasama yang kita lakukan dengan Polairut Jelai, mereka mempersiapkan perpustakaan terapung dan kita menyediakan bahan bacaannya," ujar Karyono.

Karyono berharap kedepan, dengan pindahknya DPK kekantoar yang baru, dapat meningkatkan minat baca masyarakat di Bumi Gawi Barinjam, mengingat dengan fasilitas yang ada dapat membuat nyaman pengunjung.

"Mudah-mudahan dengan upaya yang telah kita lakukan, minat baca masyarakat kita bisa terus meningkat," harap Karyono. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru