Lurah Raja Sambangi Makam Tarmili, Ada Apa?

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 14 Agustus 2019 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lurah Raja Rangga Lesmana ikut bergotong royong membersihkan Taman Makam Pahlawan Indra Pura. Dalam kesempatan itu, ia menyempatkan diri untuk membersihkan makam pahlawan Tarmili dan memohon izin untuk menghidupkan kembali lapangan Tarmili di Kelurahan Raja.

"Karena kita tahu bahwa nama Lapangan Tarmili itu di ambil dari nama beliau, sekaligus kita bersihkan dan saya memohon izin, restu dan permisi mau menghidupkan kembali lapangan Tarmili dengan kegiatan positif," ujarnya sembari menunjukkan letak makam Pahlawa Tarmili di Jalan Iskandar, Rabu, 14 Agustus 2019.

Pada batu nisan, Tarmili BIN TABRI merupakan pasukan jenggot angkatan muda bersenjata, anggotanya Panglima Utar yang gugur pada 14 Januari 1946.

Pemberian nama Tarmili itu tentunya tidak sembarangan, pasti ada maksud dan tujuannya. "Kita akan hidupkan lagi lapangan itu, saat ini kita sedang berproses, dan para pedagang di situ juga ahli warisnya Tarmili," ungkapnya.

Kata dia, jangan sampai para pewaris pahlawan - pahlawan ini hidupnya terabaikan, bagaimanapun harus dibantu dan diupayakan untuk kesejahteraannya.

"Kita harus bersyukur kepada para pahlawan, jangan sampai kita tidak perduli kepada mereka, kita harus bantu, agar mereka hidupnya tetap sejahtera," jelasnya.

Saat ini Tarmili sudah mulai ramai, tidak lagi dipandang sebagai tempat yang kumuh atau tidak baik. Banyak kegiatan yang dilaksanakan di Tarmili.

"Dulu dipandang negatif, jadi kalau orang sebut Tarmili pasti sudah yang jelek - jelek sehingga nama pahlawan yang melekat juga jadi jelek, marilah bersama kita mengubah ini dengan banyak kegiatan positif di Tarmili," tandasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru