Ini Aspek Penilaian Kemenpan RB terhadap Evaluasi Pelayanan di Dinas PMPTSP Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Agustus 2019 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP Kabupaten Kapuas telah menerima kedatangan dari Tim KemenPAN RB. Kunjungan tim itu untuk penilaian pelayanan publik pada Rabu, 14 Agustus 2019.

Kepala Dinas PMPTSP Kapuas, Septedy mengatakan ada sejumlah hal yang menjadi aspek penilaian dan evaluasi. Seperti terkait dengan mekanisme pelayanan, standar pelayanan, dan ruang pelayanan, serta lainnya.

"Namun yang utama dan terpenting, penilaian itu tentang tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan di DPMPTSP Kapuas," kata Septedy.

Pihaknya optimistis nilai evaluasi dari Kemenpan RB tahun ini akan meningkat dari tahun sebelumnya. Hal itu karena sudah banyak perbaikan yang dilakukan. Salah satunya pengadaan mesin pelayanan yang bisa merekam tingkat kepuasan masyarakat.

"Ada alat dan perangkatnya, jadi setelah selesai dilayani masyarakat tinggal pencet apakah puas, tidak puas, atau sangat puas terhadap pelayanan kita. Nah nanti kita bisa melihat dan menghitung tingkat kepuasan masyarakat dan kita secara internal, sehingga bisa dievaluasi," tuturnya.

Menurut Septedy, dari hasil evaluasi internal tersebut apabila banyak masyarakat yang tidak puas, maka akan dievaluasi. Seperti cara pelayanan atau persyaratan izin yang dianggap rumit.

"Kalau SDM dianggap tidak mampu melayani dengan baik maka akan kita ganti. Kita cari yang bisa melayani dengan baik. Atau juga bisa saja SDMnya kurang terlatih, kalau itu penyebabnya akan kita ikutkan diklat," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru