Ini Tujuan Diadakannya Kemah Besar Pramuka dan Perkemahan Wirakarya di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Agustus 2019 - 22:22 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebanyak 645 peserta dan pendamping mulai dari tingkat SMP atau penggalang maupun SMA atau penegak mengikuti kemah besar pramuka dan perkemahan wirakarya tahun 2019 di Kasongan 13 - 18 Agustus 2019.

Pada Rabu, 14 Agustus 2019 sore kemah besar pramuka dan perkemahan wirakarya dibuka oleh Bupati Katingan Sakariyas di halaman kantor Kwartir Cabang Katingan.

Dalam laporannya, ketua panitia kemah besar pramuka dan perkemahan wirakarya tahun 2019, Serka Suparto mengatakan, maksud diselenggarakan kegiatan ini adalah sebagai wadah pembinaan bagi pramuka Katingan penggalang, pramuka penegak dan pramuka pandega setingkat mahasiswa, pada umumnya dalam mengaktualisasikan dan mengekpresikan potensi individu maupun kelompok dalam meningkatkan kualitas menuju kemandirian serta mendedikasikan bakti nyata bagi masyarakat sesuai dengan yang diamanatkan tri satya, sebagai wahana pertemuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan serta kecintaan kepada tanah air.

"Sedangkan tujuan perkemahan wirakarya adalah para pramuka penegak dan pramuka pandega setelah mengikuti perkemahan wirakarya dapat menambah pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan serta memiliki rasa tanggungjawab untuk mengabdi kepada masyarakat bangsa dan negara," kata Suparto.

Suparto mengatakan, jumlah peserta kemah besar pramuka dna perkemahan wirakarya ini sebanyak 645 orang termasuk pendamping.

Rinciannya pramuka tingkat penggalang berjumlah 297 orang, pramuka tingkat penegak sebanyak 261 orang dan bina damping berjumlah 87 orang. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru