Gubernur Kalimantan Tengah Minta Pelaku Pembakar Lahan Diusut Tuntas

  • Oleh Budi Yulianto
  • 14 Agustus 2019 - 23:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta aparat penegak hukum mengusut tuntas atas tertangkapnya terduga pelaku pembakaran lahan.

"Saya meminta betul-betul ada tindakan hukum dan transparan supaya ada efek jera," tegas gubernur Kalteng, Rabu, 14 Agustus 2019.

Terduga pelaku pembakar lahan yang ditangkap itu berinisial Ha (44). Ia ditangkap petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palangka Raya di Jalan G Obos 14 ujung pada Selasa, 13 Agustus 2019.

Selanjutnya, dilimpahkan ke Polres Palangka Raya untuk proses lebih lanjut. Gubernur menduga tindakan tersebut sudah direncanakan dengan matang.

"Harus tranfaran dan buka siapa dibalik dari semua ini. Andai kata ada di atasnya yang terlibat, harus ditangkap," tegasnya lagi.

Seharusnya, lanjut gubernur, tindakan melakukan pembakaran tidak perlu dilakukan apapun itu alasannya. Sebab, dampak kebakaran hutan dan lahan merugikan semua masyarakat.

Dengan penangkapan itu, ia berharap aparat penegak hukum termasuk yang terlibat didalamnya untuk terus bekerja keras menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Juga diharapkan aparatur pemerintah baik provinsi, kabupaten, kota, RT, Damang, Mantir hingga organisasi Dayak di Kalteng ikut terlibat menelusuri siapa pelakunya.

"Itu untuk menjaga. Kalau ada pelaku, tangkap dan serahkan ke pihak yang berwajib," tuntasnya. (BUDI YULIANTO/B-6/Adv)

Berita Terbaru