Bupati Ampera Ingin IKK Jaar Dikoneksikan ke Tamiang Layang Atasi Krisis Air

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 15 Agustus 2019 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menginginkan pipa PDAM di Tamiang Layang dikoneksikan dengan pipa Instalasi Kota Kecamatan (IKK) bantuan perusahaan yang berada di Desa Jaar, Kecamatan Dusun Timur.

Keinginan ini disampaikan Bupati menanggapi keluhan warga Tamiang Layang mengenai distribusi air PDAM yang tidak lancar. Salah satu penyebabnya, debit air Sungai Sirau yang menjadi sumber air baku PDAM terus menyusut.

"Kita akan mengonetivitaskan IKK buatan perusahan yang di Desa Jaar. Nanti air dari Jaar akan dialirkan ke Tamiang," kata Bupati Ampera, Kamis, 15 Agustus 2019.

Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi krisis air di Kota Tamiang Layang, sambil menunggu bantuan pemerintah provinsi maupun pusat untuk memperbaiki Embung Sirau yang tidak berfungsi sampai saat ini.

Di tempat terpisah, Direktur PDAM Barito Timur Hendroyono mengakui bahwa air baku untuk PDAM semakin menipis akibat kemarau.

"Ketersediaan air baku di musim kemarau menipis dan tentu saja berpengaruh pada pelayanan PDAM kepada konsumen," ujarnya.

Untuk mengantisipasi distribusi air yang tidak lancar, Hendroyono mengimbau warga menampung air dengan baik dan menghemat penggunaannya. Agar persediaan air PDAM dapat terdistribusi secara merata. 

"Kami menghimbau agar masyarakat lebih menghemat pemakaian air leding," pungkas Hendroyono. (PRASOJO/B-3)

Berita Terbaru