Kabut Asap Mulai Berkurang, Sekda Kalteng Tetap Minta Masyarakat Dukung Pemadaman

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 Agustus 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kabut asap yang menyelimuti Kota Palangka Raya, dampak dari kebakaran hutan dan lahan mulai berkurang. Ini juga dirasakan Sekda Kalteng Fahrizal Fitri. 

"Kita bersyukur, kemarin ada hujan (meskipun belum berlangsung lama). Mungkin ini bagian dari doa kita bersama. Iya, asap berkurang," kata Fahrizal, Kamis, 15 Agustus 2019.

Meski demikian, sekda Kalteng tetap mengharapkan dukungan masyarakat untuk bersama-sama memadamkan api yang membakar lahan. 

Ia menambahkan, tim satuan tugas yang telah terbentuk dan disebar di berbagai wilayah tetap menjalankan tugasnya. Yaitu menanggulangi dan memberikan sosialisasi pencegahan kebakaran. 

"Pemadaman juga dibantu oleh MPA (Masyarakat Peduli Api) yang dibiayai oleh BRG (Badan Restorasi Gambut). Ada 200 orang yang melakukan pembasahan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Laboratorium, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Palangka Raya, Bowo Budiarso mengatakan, kualitas udara saat ini berkategori sangat tidak sehat. 

Yakni berada pada angka partikulat atau PM10, 285. Angka ini turun karena beberapa hari lalu sampai 495 dan masuk kategori berbahaya. (BUDI YULIANTO/B-2/Adv)

Berita Terbaru