Ribuan Warga Lamandau Akan Nikmati Pasokan Listrik Baru

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 15 Agustus 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Ribuan warga Kabupaten Lamandau akan menerima pasokan listrik baru.

Pasalnya, pemerintah secara resmi telah menyerahkan bantuan hibah Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Palm Oil Mill Effluent (POME) yang telah dibangun di sekitar Pabrik Kelapa Sawit kepada Pemerintah Kabupaten Lamandau.

Hibah PLTBg itu ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima Barang Milik Negara atau BMN PLTBg POME antara Sekretaris Ditjen EBTKE, Halim Sari Wardana bersama Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.

"Alhamdulillah, kemarin Rabu kita resmi menerima hibah PLTBg dari Kementerian ESDM. Tentu bantuan ini akan sangat membantu pemerintah daerah dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar listrik di wilayah Kabupaten Lamandau," ungkap Bupati Hendra, Kamis, 15 Agustus 2019.

Hendra menyebut, sebagai Kabupaten pemekaran, belum semua desa di Kabupaten Lamandau teraliri listrik. Oleh karena itu, dengan adanya bantuan PLTBg itu, dapat mencukupi kebutuhan listrik warga desa, khususnya yang ada di sekitar kecamatan Menthobi Raya dan Bulik Timur.

"Sebagai daerah yang berkembang di Kabupaten Lamandau baru 70 persen desa yang teraliri listrik. Artinya, masih banyak yang perlu kita upayakan terkait kebutuhan dasar listrik untuk masyarakat," ujarnya.

Hendra juga mengatakan, bantuan hibah PLTBg ini merupakan salah satu upaya kita untuk menyuplai kebutuhan listrik di daerah.

"Jika nantinya sudah dioperasikan, PLTBg POME yang memiliki kapasitas daya 1 MW, diperkirakan akan mampu mengcover sekitar 1000 pelanggan baru, " jelasnya.

Bupati juga menambahkan bahwa untuk pengelolaannya, nantinya PLTBg POME tersebut akan dikelola oleh Perusahaan Daerah (Perusda) Bajurung Raya. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru