Ketua DPRD Minta Satpol PP Serahkan Penyelidikan Pembakar Lahan ke Polisi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Agustus 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Sementara DPRD Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto meminta agar Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Palangka Raya menyerahkan penyelidikan terhadap pelaku dugaan pembakar lahan kepada pihak kepolisian.

"Kami minta kepada Satpol PP untuk menyerahkan pelaku pembakar lahan yang ditangkap beberapa waktu ke pihak kepolisian daerah saja," kata Sigit kepada Borneonews pada Kamis, 15 Agustus 2019.

Politisi PDI Perjuangan ini berpendapat bahwa metode penyelidikan yang bisa dilakukan oleh Satpol PP tentu saja berbeda dengan yang biasa dilakukan pihak kepolisian yang memang selalu berhadapan dengan para pelaku tindak kejahatan.

"Menurut saya diserahkan saja ke kepolisian. Kan, penyidik di Satpol PP ini belum kuat. Lebih baik proses dan tahapannya serahkan saja ke kepolisian," tutur Ketua Sementara DPRD yang baru dilantik kemarin untuk periode 2019-2024 ini.

Sebelumnya, Anggota Satpol PP Kota Palangka Raya mengamankan seorang warga yang diduga sebagai pelaku pembakar lahan di Jalan G Obos XIV pada Selasa, 13 Agustus 2019.

Pelaku berinisial H ini diamankan anggota Satpol PP yakni Herman Eka Sanova dan Kriyanto saat melakukan pemantauan lokasi kebakaran hutan dan lahan.

"Setelah itu pelaku kita bawa ke kantor, lalu diserahkan ke penyidik PPNS dan kemudian di-BAP selama 2 jam sampai sore," kata Plt Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Benhur Pangaribuan. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru