Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Uji Mendalam Soal Temuan Bajakah Penyembuh Kanker

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 Agustus 2019 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tiga siswa SMAN 2 Palangka Raya kini menjadi perhatian banyak pihak setelah viral atas hasil karya ilmiahnya, yakni mampu menyembuhkan penyakitnya kanker dengan akar Bajakah. 

Mereka adalah Yazid Rafli Akbar, Anggina Rafitri dan Aysa Aurcalya Maharani. Dari hasil kemampuan itu, banyak orang yang sudah mendatanginya.

Soal temuan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri mengharapkan perlu dilakukan uji mendalam. 

"Kita berharap bisa dikembangkan lebih jauh karena ini hasil penelitian anak-anak SMA. Tentu nanti akan dilakukan uji lebih tinggi," kata Sekda Kalteng, Kamis, 15 Agustus 2019.

Sekda juga berharap temuan tersebut segera dipatenkan. Kemudian juga didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM dan lainnya, agar nantinya obat dengan bahan tersebut tetap tercantum berasal dari alam yang ada di Kalteng.

"Semoga suatu saat nanti ini menjadi unggulan di Kalteng. Pak Gubernur juga berharap penelitian soal kanker bisa dilakukan di sini. Termasuk berharap ke depan bisa mengembangkan rumah sakit kanker," katanya.

"Tidak hanya akar Bajakah, tapi masih banyak jenis tanaman yang bisa dikembangkan lagi dan itu merupakan tanaman asli Kalteng," sambung dia.

Di sisi lain, sekda juga menyarankan kepada para guru untuk ikut menjaga siswa tersebut, apalagi mereka kini sering didatangi orang. 

"Harus kita jaga, karena mereka merupakan aset kita," tuntasnya. (BUDI YULIANTO/B-11/Adv)

Berita Terbaru