Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat dan Kepala Desa Diminta Sosialisasikan Buka Lahan Tanpa Bakar

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Agustus 2019 - 09:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Camat dan kepala desa di Kabupaten Sukamara diminta menyosialiasikan cara membuka lahan dengan tidak membakar.

Pasalnya, saat ini Pemerintah Kabupaten Sukamara telah menyiapkan alat berat dan alat mesin pertanian atau alsintan untuk petani.

"Dinas Pertanian itukan sudah punya alat canggih untuk membuka lahan pertanian. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan ini" ujar Wakapolres Sukamara Kompol Rochmat Slamet, Jumat, 16 Agustus 2019.

"Camat dan kepala desa, silakan sosialiasikan kepada warga mereka agar kebakaran hutan dan lahan ini tidak terus berulang," pintanya.

Wakapolres berharap, bila masyarakat tidak lagi membuka lahan pertanian dengan cara membakar, masalah karhutla di Bumi Gawi Barinjam bisa ditanggulangi sedini mungkin.

"Kalau masyarakat juga bisa bekerja sama, masalah kebakaran hutan dan lahan ini dapat kita atasi bersama," ujarnya.

Kompol Rochmat juga mengajak semua pihak dapat bekerja sama dalam mencegah masyarakat yang ingin membuka lahan dengan cara praktis. Salah satunya dengan memberikan pemahaman dampak yang ditimbulkan dari bencana kebakaran.

"Sampaikan kepada masyarakat bahwa dampak dari kebakaran sangat merugikan. Apalagi ada sanksi hukum bagi oknum yang melakukan tindakan pembakaran dengan sengaja," tutur Kompol Rochmat Slamet. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru