Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ikuti Jejak Orangtua, Frans Tetap Setia Jadi Perajin Getah Nyatu di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Agustus 2019 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kabupaten Kapuas memiliki berbagai macam kerajinan tangan khas Dayak, salah satunya olahan dari kerajinan getah nyatu.

Getah nyatu sendiri merupakan hasil olahan yang menggunakan getah dari pohon nyatu sebagai bahan utama dalam membuat berbagai macam kerajinan. 

Hasilnya beragam, kebanyakan dibuat miniatur kapal atau perahu, gantungan kunci hingga berbentuk batang garing sebagai produk utama.

Seperti salah satu perajin getah nyatu yang ada di Jalan Pemuda Kuala Kapuas bernama Fransius atau biasa dipanggil Frans. Ia tetap setia menggeluti usaha di bidang getah nyatu tersebut selama 10 tahun belakangan ini.

Frans sendiri dalam mengembangkan usaha ini berawal dari mengikuti jejak orangtua dan niat ingin melestarikan budaya lokal yang ada.

"Iya, sudah 10 tahun kurang lebih megolah getah nyatu ini berawal dari orangtua dulu sudah jadi perajin getah nyatu ini," ucap Frans, Jumat, 16 Agustus 2019.

Kerajinan getah nyatu yang dibuat Frans menjadi menarik karena memiliki tingkat kedetailan yang tinggi. Selain itu, bentuknya pun unik sehingga pas dijadikan pajangan dan menghiasi ruang.

"Kebanyakan konsumen itu memesan pembuatan kapal atau perahu hias," katanya.

Lebih lanjut dia menyebutkan hasil olahan getah nyatu inipun telah diproduksi hingga keluar daerah, seperti ke Banjarmasin ataupun ke Kota Palangka Raya.

"Untuk kendala pembuatannya itu kami kesulitan dalam mendapatkan bahan baku, yang harus memesan dari luar Kapuas dulu," terangnya.

Berita Terbaru