Perajin Getah Nyatuh Ini Ingin Terus Lestarikan Kerajinan Olahan Lokal

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Agustus 2019 - 13:14 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Fransius atau biasa dipanggil Frans salah satu perajin getah nyatuh ini mengaku ingin tetap terus mempertahankan dan melestarikan kerajinan olahan lokal khas Dayak, khususnya dari getah nyatuh.

Warga di Jalan Pemuda Kuala Kapuas ini memang punya keahlian dalam membuat kerajinan olahan dari getah nyatuh yang berupa karya miniatur perahu, batang garing dan lainnya itu diperoleh dari turun-temurun keluarganya.

"Kami ingin mempertahankan kerajinan getah nyatuh ini, karena ini dari orangtua kami dulu yang memulainya sewaktu tinggal di Kapuas Hilir," ucap Frans, 16 Agustus 2019.

"Karena saat ini sudah mulai jarang yang mau membuat olahan dari getah nyatuh ini," lanjutnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap dapat terus mempertahankan salah satu kerajinan khas Dayak tersebut, sehingga mampu melestarikannya dan dilanjutkan kepada generasi penerus.

Selain itu, terkait dengan harga jual, menurutnya bervariasi. Misal untuk miniatur kapal atau perahu, harganya sesuai tingkat kerumitan dan besar kecilnya pesanan. 

"Melihat dari segi penghasilan, cukup saja. Ada saja yang beli hasil kerajinan ini. Pemasaran area Kalteng, Kalsel hingga Kaltim," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru