Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan dari Warga akan Direhabilitasi Selama 10 Tahun

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 Agustus 2019 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor orangutan yang diserahkan warga Desa Bajarum, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, akan direhabilitasi selama 10 tahun. 

"Paling lama rehab selama 10 tahun," ujar Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Jumat, 16 Agustus 2019. 

Saat ini orangutan betina berumur 8 tahun tersebut sudah dibawa ke Satuan Kerja Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun. Orangutan tersebut tidak langsung dilepasliarkan di hutan. Karena sebelumnya sangat lama dipelihara oleh warga. Sehingga dia terbiasa hidup dengan tanpa mencari makan sendiri. 

"Rehab dilakukan karena dipelihara sejak masih bayi berumur sekitar 1 tahun hingga berumur 8 tahun. Sehingga rehabnya lama," kata Muriansyah. 

Orangutan tersebut diserahkan warga bernama Anang Ariansyah. Dirinya menemukan orangutan saat membelah kayu di hutan. Saat itu ia melihat seekor anak orangutan tanpa induknya. Sehingga langsung dibawanya ke rumah dan dipeliharanya hingga pada Kamis, 15 Agustus 2019 diserahkan ke BKSDA Pos Sampit. 

"Selama dipelihara diberi makan nasi. Terkadang diberi makan pisang. Orangutan tersebut sangat jinak," terang Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru