Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indeks Standar Pencemaran Udara di Katingan Mendekati Tidak Sehat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Agustus 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Indeks standar pencemaran udara atau ISPU di Kota Kasongan Kabupaten Katingan saat ini dinilai sudah mendekati kategori tidak sehat.

Penilaian ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan, Hap Bapperdo, Jumat, 16 Agustus 2019.

Menurut Hap Bapperdo, sejak memasuki musim kemarau tahun ini, pihaknya terus melakukan pemantauan ISPU yang dipusatkan di halaman kantor DLH.

"Dalam tiga hari terakhir mulai Selasa, Rabu dan Kamis kemarin, kami melakukan pemantauan dan pengukuran ISPU itu, dan hari ini juga dilakukan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, Hap Bapperdo.

Untuk Selasa, 13 Agustus 2019, ISPU di Kasongan tercatat 106. Kondisi ini dinilai masuk kategori tidak sehat.

Kemudian pada Rabu, 14 Agustus 2019 ISPU mencapai 86, 2 kategori sedang.

Dan pada Kamis, 15 Agustus 2019 ISPU di Kota Kasongan mencapai 85 kategori sedang.

"Artinya ISPU yang demikian ini menunjukkan bahwa kondisi udara di Kota Kasongan sudah mendekati kategori tidak sehat," sebut Hap Bapperdo.

Dengan kondisi demikian, Hap Bapperdo mengimbau kepada masyarakat Kasongan dan sekitarnya terutama golonga rentan agar beraktivitas di rumah. Kalaupun ke luar rumah disarankan mengenakan masker.

Ada kencenderungan, kata Hap Bapperdo kabut asap di Katingan adalah kiriman dari daerah lain seperti Palangkaraya. Pasalnya, jika udara di Palangka Raya misalnya terjadi kabut asap, maka Katingan juga terpengaruh. "Misalnya pada Selasa tanggal 13 Agustus 2019 kemarin, di Palangka Raya saat itu terjadi kabut asap, dan ISPU di Katingan saat itu dalam kategori tidak sehat," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru