Pemprov Kalimantan Tengah Surati BKSDA Pantau Ancaman Eksploitasi Akar Bajakah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 Agustus 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalimantan Tengah mengirimkan surat ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Kalteng agar melakukan pemantauan atau mengawasi ancaman eksploitasi alam, salah satunya berkaitan dengan akar Bajakah.

Tumbuhan hutan ini menjadi viral setelah siswa SMAN 2 Palangka Raya sukses dalam karya ilmiahnya yang mampu menyembuhkan penyakitnya kanker. Namun, jenis Bajakah yang apa, masih belum diketahui.

"Kita sudah membuat surat ke BKSDA Kalteng. Karena bicara tentang komoditas alam, hutan itu di bawah pengawasan BKSDA," kata sekda Kalteng, Jumat, 16 Agustus 2019.

"Kami meminta mereka mengantisipasi adanya eksploitasi berkenaan dengan potensi-potensi sumber daya alam atau tumbuhan di Kalteng," imbuhnya. 

"Mungkin juga akan bersurat ke Balai Karantina untuk mengantisipasi jangan sampai nanti dieksploitasi besar-besaran," tambahnya. 

"Kita berharap, ini bagian yang harus dinikmati warga Kalteng," tuturnya. 

Terkait dengan karya ilmiah anak SMA itu, sekda menyarankan jika nantinya ada perusahaan atau siapapun yang mendatanginya, setidaknya bisa lebih dulu dikonsultasikan dengan pemerintah provinsi. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru