Bupati Katingan Keluarkan Surat Edaran Kewajiban Pajak Galian C

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Agustus 2019 - 16:12 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas telah mengeluarkan surat edaran mengenai kewajiban pajak galian C.

Menurut Kepala Bagian atau Kabag Sumberdaya Alama atau SDA Setda Kabupaten Katingan, Karya Darma, Jumat, 16 Agustus 2019, surat edaran itu diantaranya ditujukan kepada kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan.

Menurut Karya Darma, isi surat edaran itu yakni, menindak lanjuti hasil rapat penggalian potensi pajak daerah dari sumber daya alam di Kabupaten Katingan pada 28 Januari 2019 di ruang rapat Bupati Katingan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari pajak galian C sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

Dalam surat edaran ini Bupati Katingan mengatakan untuk setiap penggunaan material dari bahan galian C yang digunakan untuk proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh pihak rekanan atau pihak ketiga agar bahan galian sesuai dengan yang ditetapkan dan dibuktikan dengan bukti setor pembayaran pajak yang diperhitungkan sendiri oleh wajib bayar.

Sedangkan untuk teknis pelaksanaannya, kata Karya Darma agar dapat mengarahkan rekanan atau pihak ketiga mengambil bahan galian C ditempat yang telah memiliki perizinan dan mengaitkannya dengan realisasi pembayaran pekerjaan yang dilakukan oleh rekanan kepada pihak dimaksud.

Selanjutnya untuk informasi perizinan galian C yang dibutuhkan dalam pembangunan fisik kegiatan pada instansi dapat dikoordinasikan dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Katingan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru