Badan Restorasi Gambut akan Buat Sumur Bor di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Agustus 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Badan Restosrasi Gambut akan memprogramkan pembuatan sumur bor di sejumlah lokasi rawan kebakaran. Pembuatan sumur bor sebagai persediaan air untuk memadamkan api apabila terjadinya kebakaran pada musim kemarau.

"Rencana dan program oleh Badan Restorasi Gambut itu, sudah banyak titik-titik wilayah kita ini yang akan dibuatkan sumur bor," ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, Rendy Lesaman, Jumat, 16 Agustus 2019.

Menurut Rendy, air memang menjadi salah satu kendala yang dihadapi Tim Serbu Api (TSA) yang bertugas dilapangan untuk memadamkan api apabila terjadinya kebakaran, dimana karena musim kemarau sehingga sumber-sumber air menjadi kering.

"Sumbar-sumber air yang ada inikan kering, sehingga persedian air untuk pemadaman ini juga menjadi kendala, apalagi damkar tidak bisa masuk kedalam lokasi yang terlalu jauh, sehingga TSA kita saat ini masih menggunakan alat manual," ujarnya.

Rendy berharap, dengan dibuatnya sumur bor dibeberapa lokasi yang dianggap rawan kebakaran, maka setiap terjadinya kebakaran bisa segera diatasi karena persediaan air sudah mencukupi.

"Jadi petugas kita yang dilapangan juga tidak lagi kesulitan air, karena ketersediaan air dari sumur-sumur bor yang akan dibuatkan nantinya," kata Rendy Lesmana. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru