Bupati Barito Selatan Kukuhkan Anggota Paskibraka

  • Oleh Uriutu
  • 16 Agustus 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri,  mengukuhkan anggota pasukan pengibar bendera pusaka atau paskibraka, di GPU Jaro Pirarahan Buntok, Jumat, 16 Agustus 2019 sore. 

Paskibra itu direkrut dari kalangan pelajar berbagai sekolah tingkat SMA. Mereka akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI, di halaman kantor bupati, Sabtu, 17 Agustus 2019 pagi, sekaligus upacara penurunan bendera pada sore harinya. 

“Pengukuhan paskibra ini merupakan proses dari sejak seleksi hingga pelatihan. Para paskibraka ini merupakan orang-orang pilihan yang akan mengemban tugas yang sangat mulia. Mengibarkan bendera merah putih pada upacara resmi memperingati detik-detik Proklamasi,” kata Eddy Raya Samsuri.

Menurutnya, pengukuhan paskibraka ini, merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan. Anggota paskibra tidak boleh berhenti hingga proses ini, melainkan harus mampu menanamkan jiwa nasionalisme, baik pada diri sendiri, rekan-rekan, maupun masyarakat. 

Dia pun menaruh harapan besar kepada pemuda-pemudi ini untuk terus membangun, menyemaikan, dan mengembangkan persatuan dan kesatuan serta kerukunan di tengah masyarakat yang majemuk. 

Namun, kemajemukan bangsa ini jangan menjadi faktor penghambat dalam kegiatan mengisi kemerdekaan. Justru dengan kemajemukan suku bangsa, agama, ras, bahasa dan budaya semakin memperkuat bangsa Indonesia. 

Ia menambahan, bahwa seseorang menjadi besar karena mempunyai cita-cita dan idealisme. Sehingga generasi saat ini harus berupaya sekuat tenaga untuk mencapai cita-cita tersebut. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru