Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bonus Demografi Harus Dimanfaatkan dengan Bijak

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 Agustus 2019 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menilai, bonus demografi usia produktif pada 2020 sampai 2030 perlu dipersiapkan dengan baik.

“Bonus demografi bagaikan pedang bermata dua, bisa menjadi berkah, tapi juga bisa menjadi bencana, tergantung pada kesiapan dan strategi kita dalam menyikapinya,” ucap Fairid saat apel kemerdekaan di halaman Balai Kota Palangka Raya, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Ia menilai, apabila penduduk usia produktif yang besar tersebut tidak berkualitas dan tidak memiliki keunggulan kompetitif malah akan menjadi masalah.

“Jika tidak bisa kompetititif yang akan terjadi adalah meningkatnya berbagai masalah sosial,” tutur wali kota termuda di Kalimantan Tengah ini. 

Ia khawatir, masalah yang muncul berupa tingginya pengangguran, kemiskinan dan tingkat kriminalitas yang otomatis akan menambah beban negara.

“Oleh karena itu, bonus demografi harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Sehingga nantinya dapat dijadikan pemacu pertumbuhan ekonomi,” ajak Fairid Naparin. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru