Bupati Katingan Optimistis Pemindahan Ibu Kota Pemerintahan RI di Kalteng

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 Agustus 2019 - 17:05 WIB


BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas mengaku optimistis wilayah Provinsi Kalimantan Tengah bakal dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai tempat pemindahan ibu kota pemerintahan RI.

"Kalau saya optimistis bahwa wilayah Provinsi Kalimantan Tengah akan dipilih oleh Pak Presiden Jokowi sebagai tempat pemindahan ibu kota pemerintahan Republik Indonesia," sebut Bupati Katingan Sakariyas usai menghadiri upacara HUT kemerdekaan RI di halaman kantor bupati, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Menurutnya, sejauh ini Kabupaten Katingan bersama Kota Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas menjadi segitiga emas yang ditawarkan sebagai lokasi pemindahan ibu kota pemerintahan RI itu.

Bahkan beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi telah meninjau lokasi rencana pemindahan ibu kota RI di wilayah Kabupaten Gunung Mas.

"Kabupaten Katingan bagian terpilih calon ibu kota RI itu, apakah itu terpilih atau tidak, tapi informasinya positif di Pulau Kalaimantan," ujar Sakariyas.

Jika misalnya tidak di wilayah Provinsi Kalteng, kata Sakariyas wilayah Kabupaten Katingan tetap saja terkena dampak dari pembangunan dan kemajuan.

"Misalnya di Jakarta, di sana kan ada Tangerang, Bogor, dan Depok, itu bagiannya. Sama kalau misalnya ibu kota pindah di Kalimantan, maka Katingan juga akan berdampak, terutama masalah pembangunannya disegala bidang," katanya.

Terkait rencana pemindahan ibu kota RI ke Kalimantan, sejauh ini Kabupaten Katingan, kata Sakariyas telah menyiapkan lahan seluas 112 ribu hektar. 

"Sedangkan untuk lahan persiapan bandara ada seluas 20 ribu hektsr lebih," imbuh Bupati Katingan Sakariyas. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru